Wednesday, May 20, 2009

Rasa terimakasih pada mereka yang begitu luar biasa...

Kali ini saya akan bercerita tentang orang-orang yang telah memberikan begitu banyak pelajaran, semangat, & teladan dalam perjalanan hidup saya hingga hari ini -- postingan yang serius lagi :D -- Mulai dari arti kehidupan, tentang berharganya ilmu, persahabatan, arti pengorbanan & masih banyak hal penting lainnya ;)

Apakah sobat adalah salah satu diantara orang-orang yang menjadi inspirasi bagi saya? Hmm... mari kita mulai ceritanya ... -- cerita dibagi beberapa episod biar dramatis gitu :p ---

1. Tentang Harga Diri
Siapakah ia yang saya tempatkan di nomor satu? Yuppp.. Ia adalah seorang pria paruh baya yang senantiasa bersemangat sampai hari ini.... My beloved Papa. :)



Seperti postingan sebelumnya yang saya tulis di sini, ayah saya tercinta telah memberikan begitu banyak pelajaran tentang kehidupan semenjak saya kecil hingga sekarang.

Nah, karena terlalu banyak... maka saya ceritakan sedikit saja ya... Saya akan bercerita tentang bagaimana ia mengajarkan arti harga diri pada anak-anaknya khususnya saya.

Semenjak kami -- anak-anaknya -- kecil, Bapak senantiasa menanamkan bahwa harga diri tidak dapat dibangun dengan harta kekayaan. Lalu dengan cara apa?

My Pap selalu menanamkan pentingnya ibadah, kejujuran & kerja keras... Ia tidak mengatakannya, namun memberikan contoh riil dalam aktivitas kehidupan seharihari.

Jabatan yang disandang tak lantas membuatnya silau untuk mengambil yang bukan haknya... Bapak pernah berkata : "Nak, lihatlah ... sekarang setelah pensiun Bapak dapat berjalan dengan kepala tegak, berbicara penuh percaya diri ... harga diri tak terinjak injak ... karena dulu sewaktu menjabat, Bapak tidak menyalahgunakan amanah yang dititipkan Allah".

Yuupp... saya baru mengerti apa yang bapak katakan itu setelah beranjak dewasa ... saat melihat begitu banyak orang yang Allah cabut kemuliaannya di dunia karena korupsi, merampas hak orang lain, penyalahgunaan kekuasaan dan hal-hal tercela lainnya...

Bapak juga mengajarkan kerja keras, karena orang tak akan dipandang hina jika prestasi maupun materi yang diraihnya adalah hasil ikhtiar sendiri. Orang-orang seperti ini akan kuat menghadapi kerasnya dunia, tegar mengarungi samudera kehidupan... dan akan senantiasa dihargai orang lain.

Jadi... harga diri itu tidak dicari... namun dibangun melalui ikhtiar maksimal, integritas & konsistensi...

Sekian dulu episod 1 ... bersambung ke episod 2

4 comments:

Lisa Al Fath said...

:) as I've said before..you have GREAT PAP! -menunggu episod 2-

Fakhrul - Insightmaster said...

the inspiring dad...i have too...

pelukismakna said...

ayah saye, ayahnye ayah saye, ayahnye ayahnye ayah saye
ayah memang menginspirasi

Anonymous said...

Also my father.....

Post a Comment